5 Alat Musik Paling Mahal Di Dunia

Alat Musik Paling Mahal Di Dunia

5 Alat Musik Paling Mahal Di Dunia – Beberapa minggu yang lalu biola yang dibuat dari kotak cerutu Winston Churchill pergi ke pelelangan dengan harga cadangan hanya £ 500.

Itu berhasil menjual 13 kali harga cadangan meskipun tidak memiliki string dan memiliki kata-kata ‘Made in Havana, Kuba, diukir di belakang.

Tapi ini bukan satu-satunya instrumen untuk menentang harapan dan menjual dengan jumlah uang yang belum pernah terdengar, berikut daftar instrumen paling mahal dari jenisnya yang pernah dijual di lelang:

5 Alat Musik Paling Mahal Di Dunia

1) Biola Vieuxtemps Guarneri – $ 16 juta / £ 10,5 juta

Instrumen Guarneri del Gesù ini sekarang merupakan biola paling mahal di dunia, dijual dengan harga sekitar $ 16 juta. Pemilik barunya secara anonim menyumbangkan instrumen bersejarah itu kepada pemain biola Anne Akiko Meyers, dengan status pinjaman selama sisa hidupnya.

Biola dikatakan dalam kondisi sempurna, tanpa perbaikan sama sekali. Itu mendapatkan namanya setelah dimiliki oleh pemain biola Belgia abad ke-19 Henri Vieuxtemps dan kemudian digunakan oleh Yehudi Menuhin dan Pinchas Zukerman, antara lain.

2) The Stradivarius Cello Paganini -> $ 6 juta

Bahkan jika Anda tidak memainkan alat musik gesek, Anda mungkin pernah mendengar tentang Antonio Stradivari, luthier Italia yang terkenal. Cello Stradivarius yang diawetkan dengan indah ini pernah dimiliki oleh Nicolò Paganini dan yang terbaru oleh Bernard Greenhouse. Setelah kematiannya, keluarga Greenhouse memutuskan untuk menjualnya, berharap itu akan pergi ke musisi yang layak.

Pembeli adalah “pelindung seni dari Montreal” yang meminjamkan cello ke Stéphane Tétreault, seorang musisi muda dengan karir yang baru.

3) The Heintzman Crystal Piano – $ 3,2 juta

Instrumen luar biasa ini diperkenalkan kepada dunia selama upacara pembukaan Olimpiade Beijing 2008, yang dilakukan oleh duta besar global kami Lang Lang, kepada audiensi global hampir satu miliar orang.

Dirancang oleh pabrikan piano Kanada Heintzman Piano, instrumen yang dibuat dengan indah ini pensiun lebih awal setelah hanya performanya dan dijual di pelelangan kepada penawar anonim.

4) The Reach Out To Asia Fender Stratocaster – $ 2,7 juta

Untuk membantu mengumpulkan uang bagi upaya bantuan untuk Tsunami Samudra Hindia 2004, Fender Strat yang ditandatangani dilelang – dan itu tidak ditandatangani oleh sembarang orang! Instrumen epik ini menampilkan tanda tangan legenda musik termasuk Paul McCartney, Eric Clapton, Bryan Adams, Keith Richards, Mick Jagger, Brian May, Jimmy Page, David Gilmour, Jeff Beck, Pete Townshend, Mark Knopfler, Ray Davies, Liam Gallagher, Ronnie Wood, Tony Iommi, Angus dan Malcolm Young, Sting, Ritchie Blackmore dan Def Leppard.

5) Grafton Alto Saxophone Charlie Parker – £ 93.500

Saxophone Grafton adalah alto saxophone plastik akrilik, yang dirancang oleh Hector Sommaruga pada akhir 1940-an. Produksi komersial saksofon dimulai pada tahun 1950 dengan harga jual hanya £ 55 – setengah dari biaya saksofon kuningan konvensional pada waktu itu.

Baca Juga: Sejarah Queen & Arti Lagu Bohemian Rhapsody

Pemain Grafton yang paling terkenal adalah Charlie Parker. Cerita-cerita mengatakan bahwa seorang perwakilan penjualan untuk Grafton meminta Parker untuk menggunakan satu untuk pertunjukan direkam di Toronto pada tahun 1953. Parker dapat terdengar memainkan Grafton pada CD pertunjukan, berjudul Jazz di Massey Hall, dengan Bud Powell, Dizzy Gillespie, Charles Mingus dan Max Roach.

Saksofon Parker kemudian dijual di rumah lelang Christie di London pada September 1994 dengan harga £ 93.500 (diperkirakan £ 168.000 dalam bentuk uang hari ini).

Pembeli adalah American Jazz Museum, yang terletak di kota kelahiran Parker, Kansas City, Missouri, tempat saksofon legendaris masih ditampilkan.